UN Hanya Gunakan 5 Paket Soal

Ternyata banyak yang berbeda dalam pelaksanaan UN (Ujian Nasiona) tahun 2015 ini. Selain UN tidak lagi menjadi syarat penentu kelulusan siswa dan juga mulai tahun ini dirancang UN online atau Computer Based Test (CBT), jumlah paket soal UN tahun ini juga berbeda dengan UN tahun 2014. Jika UN tahun lalu menggunakan 20 paket soal, maka UN tahun ini dipastikan hanya menggunakan 5 paket soal.
“UN tahun ini tidak lagi menggunakan 20 paket soal melainkan hanya menggunakan 5 paket soal,” kata Kepala Bidang (Kabid) Pengkajian dan Pengembangan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Bali I Gede Ketut Seputra Aryadi, Kamis (12/3/2015).
Kendati Prosedur Operasional Standar (POS) UN belum turun, kepastian penggunaan 5 paket soal bagi UN SMP, SMA/SMK sederajat ini diketahui dari master soal UN yang dikirim Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) ke masing-masing percetakan yang menangani pencetakan naskah UN.
Bahkan menurut Aryadi, dalam draf POS UN malah tidak diatur dan dijelaskan berapa paket soal yang digunakan dalam UN tahun ini. “Setelah kami baca dan teliti, dalam draf POS UN tidak diatur dan tidak disebutkan apakah UN menggunakan 20 paket soal atau 5 paket soal. Tapi, kenyataannya di master soal yang telah dikirim percetakan, soal UN hanya 5 paket,” ujarnya.(widana/balipost)
sUMBER : http://balipost.com/read/headline/2015/03/12/31228/un-hanya-gunakan-5-paket-soal.html

Komentar

Postingan Populer