Workshop E-raport



Menyongsong akhir semester Gasal tahun pelajaran 2017/2018, SMA Negeri 1 Jekulo melaksanakan kegiatan sosialisasi e-rapor versi 2018.  Kegiatan yang berlangsu selama 4 hari dai tanggal 13 – 16 Desember 2017 berlangsung di Lab TI SMA Negeri 1 Jekulo. Kegiatan ini berlangsung sebagai upaya untuk mempermudah  guru dalam pengolahan nilai dan pembuatan rapor.
Ibu Dra. Ammie Sulistyowati, M.Pd selaku Pengawas Sekolah dan sekaligus narasumber dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwa kegatan ini dapat berlangsung apabila sinergi antar semua komponen dalam hal ini Guru Matpel, Guru Bk, Pembina ekstra dan ali Kelas berlangsung dengan baik.
Aplikasi e-rapor adalah perangkat lunak berbasis web untuk menyusun laporan capaian kompetensi peserta didik oleh tingkat satuan pendidikan yang dikembangkan oleh Subdit Kurikulum SMA.  Aplikasi e-rapor merupakan aplikasi untuk pengolahan nilai pengetahuan, nilai keterampilan, nilai sikap yang telah dilakukan oleh pendidik sehingga terbentuk nilai akhir beserta deskripsinya secara otomatisasi sesuai dengan perolehan siswa pada setiap kompetensi dasar yang dinilai, setelah wali kelas meninput nilai ekstrakurikuler, absensi siswa, prestasi, deskripsi sikap, serta catatan wali kelas maka e-rapor akan menyusunnya menjadi laporan capaian kompetensi siswa.
Pada sesi kedua sampai ke empat dari kegiatan workshop ini peserta dipandu melaksanakan praktek mengisi e-rapor sesuai dengan mata pelajaran masing-masing . Pada sesi kedua ini dipandu oleh moh.sudardi,S,Pd dan Mustian s.Kom  yang juga sebagai admin e-rapor SMA Negeri 1 Jekuloe. Seluruh guru mata pelajaran dipandu untuk melaksanakan kegiatan rencana penilaian pengetahuan, input nilai pengetahuan, rencana penilaian keterampilan, input nilai keterampilan, input nilai keterampilan, input nilai sikap spiritual, input nilai sikap sosial dan input deskripsi siswa. Selain menu Guru pada kegiatan ini juga dipandu untuk mengisi menu wali kelas yang meliputi input kehadiran siswa, ekstrakurikuler, deskripsi siswa, prestasi dan catatan wali kelas. Kegiatan workshop e rapor ini diakhir dengan kegiatan tanya jawab tentang kesulitan-kesulitan pada saat input data pada aplikasi e-rapor.

untuk keperluan Workshop tersebut dibutuhkan :
1. Proposal workshop
2. Surat Undangan Narasumber
3. Surat Undangan Peserta
3. Piagam Workshop

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PPDB SMAN 1 JEKULO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Soal dan Solusi Olimpiade Fisika SMA