KRITERIA KENAIKAN KELAS

Berdasarkan  Dirjen Mandikdasmen No. 12/C/Kep/TU/2008, SMA Negeri 1 Jekulo Kudus menetapkan kriteria kenaikan kelas bagi peserta didik sbb.

1.      Kenaikan kelas dilaksanakan pada setiap akhir tahun pelajaran atau setiap semester genap.
2.      Kenaikan kelas didasarkan pada penilaian hasil belajar pada semerter genap, dengan pertimbangan seluruh SK/KD yang belum tuntas pada semester ganjil, harus dituntaskan sampai mencapai KKM yang ditetapkan, sebelum akhir semester genap.
3.      Peserta didik memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir tahun pelajaran untuk seluruh mata pelajaran kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia, kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian, kelompok mata pelajaran estetika, dan kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga, dan kesehatan
4.      Peserta didik memperoleh nilai Akhlak Mulia dan Kepribadian minimal Baik pada semester genap.
5.      Mempunyai nilai Ekstrakurikuler minimal Baik pada semester genap.
6.      Kehadiran sekurang-kurangnya 90% pada semester genap.
7.      Kenaikan kelas X ke kelas XI :
1)      Mempertimbangkan Nilai Raport semester 1 dan 2
2)      Maksimal hanya boleh ada 3 mata pelajaran yang belum tuntas dan  bukan mata pelajaran pokok yang menjadi penentu dalam penjurusan, yaitu:
a)      Untuk jurusan IPA, semua mata pelajaran yang menjadi ciri khas jurusan IPA (Fisika, Kimia dan Biologi ) mencapai  KKM.
b)      Untuk jurusan IPS, semua mata pelajaran yang menjadi ciri khas jurusan IPS ( Ekonomi, Geografi, dan Sosiologi) mencapai  KKM.
c)      Untuk jurusan Bahasa, semua mata pelajaran yang menjadi ciri khas jurusan Bahasa (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Bahasa Asing /Bahasa perancis) mencapai  KKM.
3)      Nilai rata-rata semua mata pelajaran sama atau diatas rata-rata KKM.
8.      Kenaikan  kelas XI ke kelas XII  :
1)      Mempertimbangkan Nilai Raport Semester 3 dan semester 4.
2)      Maksimal hanya boleh ada 3 mata pelajaran yang belum tuntas dan yang bukan mata pelajaran ciri khas jurusan.
a.      Untuk jurusan IPA, semua mata pelajaran yang menjadi ciri khas jurusan IPA (Fisika, Kimia dan Biologi ) mencapai  KKM.
b.      Untuk jurusan IPS, semua mata pelajaran yang menjadi ciri khas jurusan IPS( Ekonomi, Geografi, dan Sosiologi) mencapai  KKM.
c.       Untuk jurusan Bahasa, semua mata pelajaran yang menjadi ciri khas jurusan Bahasa ( Bahasa Perancis, Sastra Indonesia dan Antropologi ) mencapai  KKM.
3)      Nilai rata-rata semua mata pelajaran sama atau diatas rata-rata KKM

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PPDB SMAN 1 JEKULO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Soal dan Solusi Olimpiade Fisika SMA