Kurikulum 2013 SMA: Mata Pelajaran
Mata
Pelajaran
|
Kelas
|
|||
X
|
XI
|
XII
|
||
Kelompok A (Wajib)
|
||||
1
|
Pendidikan Agama
|
2
|
2
|
2
|
2
|
Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
2
|
3
|
Bahasa Indonesia
|
2
|
2
|
2
|
4
|
Matematika
|
2
|
2
|
2
|
5
|
Sejarah Indonesia
|
2
|
2
|
2
|
6
|
Bahasa Inggris
|
2
|
2
|
2
|
Kelompok B (Wajib)
|
||||
7
|
Seni Budaya
|
2
|
2
|
2
|
8
|
Prakarya
|
2
|
2
|
2
|
9
|
Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan
Olah Raga
|
2
|
2
|
2
|
Jumlah Kelompok A dan B
|
18
|
18
|
18
|
|
Kelompok C (Peminatan)
|
||||
Mata pelajaran peminatan akademik
(untuk SMA)
|
22
|
22
|
22
|
|
Mata pelajaran peminatan akademik
dan vokasi (untuk SMK)
|
28
|
28
|
28
|
Kelompok mata pelajaran A dan B merupakan mata pelajaran wajib baik untuk SMA maupun untuk
SMK. Jumlah jam dua kelompok mapel ini adalah 18 jam/minggu untuk setiap
tingkat.Yang 18 jam ini kemudian ditambah dengan jam mapel peminatan
akademik untuk SMA sebanyak 22 jam, sedangkan untuk SMK ditambah jam mapel
peminatan akademik dan vokasi sebanyak 28 jam. Secara keseluruhan jumlah
jam/minggu untuk SMA adalah 40 jam. Untuk SMK 46 jam.
Daftar mapel peminatan akademik dan
mapel pilihan SMA dalam draf kurikulum 2013:
Mata
Pelajaran
|
Kelas
|
||||
X
|
XI
|
XII
|
|||
Kelompok A (Wajib)
|
18
|
18
|
18
|
||
Kelompok C (Peminatan Akademik)
|
|||||
I
|
Peminatan Matematika dan Sains
|
||||
1
|
Matematika
|
4
|
4
|
4
|
|
2
|
Biologi
|
4
|
4
|
4
|
|
3
|
Fisika
|
4
|
4
|
4
|
|
4
|
Kimia
|
4
|
4
|
4
|
|
II
|
Peminatan Sosial
|
||||
1
|
Geografi
|
4
|
4
|
4
|
|
2
|
Sejarah
|
4
|
4
|
4
|
|
3
|
Sosiologi dan Antropologi
|
4
|
4
|
4
|
|
4
|
Ekonomi
|
4
|
4
|
4
|
|
III
|
Peminatan Bahasa
|
||||
1
|
Bahasa dan Satra Indonesia
|
4
|
4
|
4
|
|
2
|
Bahasa dan Sastra Inggris
|
4
|
4
|
4
|
|
3
|
Bahasa dan Satra Arab
|
4
|
4
|
4
|
|
Mata Pelajaran Pilhan
|
|||||
1
|
Literasi Media
|
2
|
2
|
2
|
|
2
|
Bahasa Asing lain (Jepang, Korea,
Jerman, Prancis, dll)
|
2
|
2
|
2
|
|
3
|
Teknologi terapan
|
2
|
2
|
2
|
|
4
|
Pilihan Pendalaman Minat atau
Lintas Minat
|
4
|
4
|
4
|
|
Jumlah
Jam Pelajaran yang Tersedia
|
76
|
76
|
76
|
||
Jumlah
Jam Pelajaran yang Harus Ditempuh
|
40
|
40
|
40
|
Catatan:
- Seluruh peserta didik wajib mengikuti matapelajaran kelompok A dan matapelajaran kelompok B.
- Keterlibatan aktif dalam kegiatan kemasyarakatan dan lingkungan diwadahi dalam kegiatan Pramuka yang menjadi Ekstrakurikuler Wajib.
- Setiap peserta didik memilih salah satu peminatan (matematika dan sains, sosial, atau bahasa) sesuai dengan pendidikan lanjutan yang akan dimasuki.
- Setiap peserta didik wajib menempuh 40 jam pelajaran (JP) per-minggu, terdiri dari 18 JP wajib, 16 JP peminatan, dan 6 JP pilihan.
- Matapelajaran pilihan (6 JP) dapat diambil dari:
- mapel pilihan lintas minat (dari kelompok mapel peminatan
lain)
- atau mapel pendalaman minat (dari kelompok mapel
pilihan peminatannya)
- dan/atau matapelajaran pilihan
- sekolah dapat menawarkan mapel pilihan tambahan
(maksimum 4 JP)
Catatan Admin: ada tiga mata pelajaran yang tadinya ada di KTSP 2006 kemudian dihilangkan di kurikulum 2013 SMA, yaitu: TIK, Mulok, dan Pengembangan Diri. Mulok dan pengambangan diri mungkin diintegrasikan kedalam mapel Seni Budaya dan Penjaskes seperti pada draf kurikulum SMP. Bagaimana dengan TIK? Apakah juga sama dengan di SMP - menjadi sarana mata pelajaran lain?
Catatan Admin: ada tiga mata pelajaran yang tadinya ada di KTSP 2006 kemudian dihilangkan di kurikulum 2013 SMA, yaitu: TIK, Mulok, dan Pengembangan Diri. Mulok dan pengambangan diri mungkin diintegrasikan kedalam mapel Seni Budaya dan Penjaskes seperti pada draf kurikulum SMP. Bagaimana dengan TIK? Apakah juga sama dengan di SMP - menjadi sarana mata pelajaran lain?
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusSaya setuju dengan kurikulum 2013 yg baru, tapi sy sangat tidak setuju kalau mapel tik dihilangkan karena :
BalasHapus1. TIK itu luas bukan hanya sekedar ngetik dan presentasi doang, malahan TIK harus lebih ditingkatkan lagi bukan di hilangkan
2. Pengembangan teknologi komputer sekarang berkembang sangat pesat disegala bidang dan untuk mengimbanginya perlu pembelajaran teknologi dari dini tapi kalau mapel tik dihapus sama saja kalau menjerumuskan negara ke dalam lubang ketertinggalan.
3. Mapel tik merupakan filter bagi siswa dari keterbukaan teknologi, di filter saja masih banyak yg bobrok apalagi dibiarkan
4. Pemerataan teknologi akan semakin jauh karena siswa dari daerah terpencil akan semakin tertinggal
5. Guru di daerah 80 persen belum mahir komputer, memanfaatkan media komputer saja sudah kewalahan, bagaimana bisa menerapkan ke pembelajarannya.
6. Intinya ini terjadi akibat mendudukkan pejabat yang bukan ahlinya, jadi bukan mapel tik yg harus dihapus tapi mentrinya yg harus di ganti alias di copot.
saya setuju dng anda, , , ,
HapusSy gru b asing lainnya...brti sy hrs jd ibu rmh tgga murni saat kurikulum 2013 d laksanakan. Ya Allah........
BalasHapusAssalamu Alaikum Wbr.
BalasHapusTerima kasih atas info ttg Kur 2013, terutama alokasi jam MP. Mulai tahun ini sy kembali membantu di kurikulum di sekolah saya, sy coba untuk link-kan antara jadwal mata pelajaran ke rekap kehadiran guru di kelas perminggu dan juga link ke insentif. (Basuki Rahmat - SMA Negeri 2 Jayapura-Papua)
Ganti menteri ganti jg kurikulum.kita seperti kelinci percobaan ya???
BalasHapuspadahal TIK jaman sekarang kayanya udah sangat penting sekali...masa malah dihapus? trus gimana biar siswa2nya ga ketinggalan...
BalasHapussebagai referensi kunjungi cara belajar bahasa inggris dengan mudah
saya juga sangat tidak setuju kalau tik di hapus. apalagi sekarang kebanyakan lapangan pekerjaan yang menggunakan teknologi komputer. kalau tidak belajar tik lalu bagaimana?
BalasHapusapakah ini bisa digunakan untuk jenjang SMA
BalasHapus